Ini Kebiasaan Mubazir Saat Mengganti Ban

Ada kebiasaan yang kerap dilakukan banyak orang ketika mengganti ban mobil, yaitu menginjak batang kunci buat mengencangkan baut. Kebiasaan itu dinilai lebih banyak berdampak negatif ketimbang positif.

Menginjak batang kunci, apalagi sampai berdiri lalu sambil diayunkan malah meningkatkan risiko cedera. Menurut Anjar Rosjadi, Technical Service Executive CoordinatorAstra Daihatsu Motor, baut pada ban tidak perlu sampai dikencangkan sampai seperti itu.

Cara ini bisa jadi digunakan oleh perempuan buat mendapatkan tenaga tambahan untuk mengencangkan baut. Tetapi menurut Anjar, dikencangkan pakai tenaga sendiri masih bisa dilakukan.

“Sebenarnya ada torsi standar maksimum dan minimum. Nah buat sampai ke maksimum itu enggak perlu sampai diinjak, cukup dengan tangan pakai berat badan saja,” kata Anjar, di Jakarta, Rabu (24/11/2016).

Dijelaskan Anjar, sebenarnya jika baut terlalu kencang tidak menyebabkan kendala buat pengoperasian mobil. Namun masalahnya, bakal sulit membuka baut yang sama jika mau mengganti ban lagi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s